Yayasan Wakaf K3 : Lembaga Wakaf K3 Pertama Di Indonesia

Bagikan

 

Bogor ,Poskota-Nasional

Yayasan wakaf Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) sudah didaftarkan  dalam surat  SK kemen Hukum dan Ham Republik Indonesia,  Akta pendirian Ini mengacu kepada UU Nomor 41 Tahun 2004 tentang wakaf dan UU No 1 /1970 tentang keselamatan Kerja, demikian kata Musphyanto Chalidaputra saat ditemui dikantor nya Taman Cimanggu Kota Bogor , dalam rangka silatuhrahmi Lebaran 1 Syawal 1443 H ,senen 9/5/2022.

Menurut Komisaris PT Waterland Nusantara mengatakan Yayasan Wakaf bertekad menjadi Lembaga Wakaf terkemuka di Asia Tenggara yang mempunyai visi menerima harta benda wakaf untuk dikelola dan dikembangkan guna penerapan keselamatan dan kesehatan kerja dalam upaya memajukan kesejahteraan umum secara syariah, beber pa mus nama panggilan akrabnya.

Lebih Lanjut Pak mus mengatakan “Yayasan Wakaf K3 menjalankan berdasarkan Standar Nasional Indonesia, Yayasan Wakaf K3 telah menyusun program kerja Tahun 2020 yaitu, Pertama: menyelenggarakan pembinaan dan Sertifikasi tenaga kerja bangunan tinggi (TKBT) 1 dari kemenaker bagi 200 tukang bangunan.

Yang Kedua: Menyelenggarakan pembinaan K3 tenaga kerja pada ketinggian ( TKPK 2 ) dari kemenaker bagi 50 mahasiswa program studi seperti Telemunikasin, teknik sipil dan teknik elektro, bebernya pak mus sambil mengantar Poskota- Nasional melihat 2 laboratorium studio Broatcast dilantai 2 disamping ruang kantor PT Waterland Nusantara .

Lebih lanjut Pak Mus mengatakan PT. Waterland Nusantara untuk berinovasi dengan tetap menjalankan pelatihan dengan protokol kesehatan yang sangat ketat dengan sistem “Blended” yakni menggabungkan dua sistem pelatihan secara langsung offline dan Online di studio Lab Broacast

Tetapi karena dimasa Pandemi kegiatan banyak menggunakan dan membutuhkan jaringan online dan permintaan akan pelatihan bekerja diketinggian untuk penyedia jaringan tersebut meningkat. Maka tim kami berpikir keras bagaimana caranya agar pelatihan ini tetap bisa berjalan dan berjalan. Alhasil kami mencetuskan ide bagaimana caranya menggabungkan pelatihan dengan virtual jadi gabungan.

Menurut nya memberanikan diri komuneitas, inovatif dengan kementerian ketenagakerjaan dalam PNK3.

Kami menerapkan, dan meminta ijin agar kami dapat tetap menjalankan pelatihan dikala Pandemi Covid-19 dengan sistem “Blended” dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang sangat ketat. Hal ini merupakan kali pertama di Indonesia dikala itu.

Setelah kami praktekkan akhirnya kementerian ketenagakerjaan dan memberikan ijin kepada kami yang berkaitan dengan pelatihan K3 dengan sistem campuran, tambah Musphyanto Chalidaputra kepada Poskota-Nasional.

Sistem blended sendiri adalah penggabungan pelatihan K3 yang dilakukan secara virtual dan langsung, jadi pelatihan yang dilakukan secara virtual itu bisa diikuti oleh banyak peserta.

Yang dibahas dalam pelatihan virtual adalah tentang materi, sistem dan lain sebagainya di dalam pelatihan instruktur virtual juga mempraktekkan beberapa teknik terkait materi yang disampaikan.

Jika materi sudah selesai atau sudah habis maka giliran giliran giliran giliran kerja yang dilapangkan yakni dengan sistem kami yang dikunjungi peserta dengan 2 instruktur untuk melakukan praktek di lapangan dengan peralatan yang lengkap pengaturan saat ini kapasitas maksimum hanya 10 orang saja. Atau bisa mengajak peserta pelatihan yang hadir ke kantor kami untuk mengikuti pelatihan namun juga bawahannya hanya 10 orang tentunya dengan melakukan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Komisaris PT Water land Nusantara Musphyanto Chalidaputra mengakui biaya investasi yang dikeluarkan memang cukup besar yakni kami harus membangun studio, membeli alat IT, yang baru dan mumpuni mengembangkan sistem IT dan menggunakan 3 jaringan provider internet serta menggunakan instruktur ekstra karena pada sesi pelatihan satu pembicara atau virtual pemateri bisa didampingi oleh 4 instruktur agar program tersebut berjalan lancar.

“Tetapi itu tidak masalah karena metode ini ternyata cukup efektif dan kedepan kami akan terus melakukan sistem ini jika para klien menghendaki”, jelas Musphyanto.

Menurut nya PT. Waterland Nusantara adalah perusahaan swasta nasional, berdomisili di Taman Cimanggu Kota Bogor Jawa Barat, yang bergerak dalam bidang pelatihan dan pembinaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), jasa pemeriksaan dan pengujian, pelaksana pekerjaan, dan konsultasi K3.

PT. Waterland Nusantara bertekad untuk menjadi mitra terkemuka dan terpercaya di Indonesia dan regional Asia bagi semua pemangku kepentingan dalam mewujudkan perlindungan atas kehidupan tenaga kerja yang layak dan sejahtera serta jaminan kesinambungan usaha.

Saat ini tercatat ada ribuan alumni dari pelatihan jasa K3 tersebut yang berasal dari berbagai perusahaan baik luar negeri, Multinasional maupun perusahaan lokal demikian kata Musphyanto Chalidaputa kepada poskota-Nasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *