DR H.Abustan,S.H.M.H : Sebagai Saksi Ahli MemberikanKesaksian Dalam Sidang Pra Peradilan PN Jak Sel

Bagikan

Jakarta,Poskota-Nasional
Bertempat di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan berlangsung sidang lanjutan Pra Peradilan ,hadir sebagai saksi Ahli  DR H Abustan ,S.H.M.H sebagai Saksi Ahli ,Rabu 17/01/23.

Dalam keterangannya Saksi Ahli  DR.Abustan,S.H.M.H ,mengatakan dalam
memberikan kesaksian sebagai Saksi Ahli di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dalam lanjutan Sidang Pra Peradilan. Dr H.Abustan, SH.MH Dosen / Pengajar Magister Ilmu Hukum S2 Universitas Islam Indonesia (UID) yang juga dikenal banyak menulis buku tentang HAM.

DR Haji Abustan, mengatakan Menyoroti pentingnya pemeriksaan suatu perkara (penyidikan) memperhatikan aspek hak asasi manusia setiap orang,tuturnya

Lebih Lanjut DR Abustan,mengatakan sebab, setiap orang memiliki hak konstitusional sebagai warga negara. Sebagai hak dasar (fundamental) yang melekat pada setiap orang, bebernya.

DR Haji Abustan ,mengatakan itulah pentingnya mempertimbangkan keseluruhan fakta-fakta yang ada atau alat bukti secara maksimal ke dua belah pihak, sebelum menetapkan seseorang sebagai tersangka,ujarnya.

DR Haji Abustan ,mengatakan Bagaimanapun dengan status tersangka apalagi dengan penahanan untuk saja orang akan mengalami kerugian Konstitusional karena orang tidak bisa lagi melakukan kegiatan pekerjaan dan bahkan kemerdekaan seseorang juga akan “dirampas” dengan status penahanan,ujarnya.

DR Haji Abustan, menambahkan Dari sinilah perlunya pranata Praperadilan untuk menilai apakah pemeriksaan suatu perkara benar-benar sudah dilakukan dengan prinsif kehati – hatian dan kecermatan pada saat proses penyidikan, sehingga perlindungan dan penegakan HAMnya juga sudah tercermin,tuturnya.

Apa bila tidak, maka itulah wewenang lembaga Praperadilan untuk mengoreksi dan menempatkan prosedur/mekanisme Hukum Acara pidana secara proporsional dan berpijak pada due proses of law ,tambah Haji Abustan saat ditemui seusai sidang Pra Peradilan kepada Poskota- Nasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *