Sandra Erawanto : Direncanakan Bali Akan Dibangun International Skateboard dan sepatu Roda Menuju World Skate Board

Bagikan

Jakarta,Poskota-Nasional

Bertempat di Hotel Pullman Podomoro Central Park ,Slipi Jakarta Barat ,telah  berlangsung acara Rakernas KONI 3/7/24 guna membahas menyambut pesta olahraga Nasional PON XXI Aceh -Sumut  yang tinggal beberapa 60 hari   ,yang dihadiri Ketua Umum KONi Letjen Purn Marciano dan segenap Pengurus pusat KONI dan juga dihadiri Sandra Erawanto Sekjen Porserosi , dihadiri Wirjono Adi ketua KONI kaltara 3/7/24.

Sandra Erawanto saat dijumpai seusai acara Rakernas KONI dengan Poskota Nasional mengatakan “Untuk katagori perlombaan, ada street (jalan) dan park (taman). Street itu yang di jalan yang pakai halang rintang. Seperti di taman (park) itu melompat di dalam mangkok. Taman itu yang katagori street dan park itunya katagori yang mangkok,” ujarnya.

Sandra , mengatakan event ASEAN Games, cabang olahraga skateboard mendapat medali perak. “Kebetulan saya Ketua Tim Delegasi Indonesia yang berlangsung di China. Mudah-mudahan tahun 2024 ini bisa menjadi bahan perbaikan buat kita juga di sana menjadi ajang pertama kali main di eksibisi di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB) nanti bisa masuk menjadi bagian yang utama,” tuturnya.

“Masing-masing wilayah sudah ada tempat Pelatihan Daerah (Pelatda). Untuk atlet sepatu roda sudah latihan untuk katagori in line skate dan free style skatelah tapi untuk skateboard memang sudah ada dan tiap provinsi juga sudah ada, dan memang ini menjadi ajang pertama kali. Pertandingan skateboard Indonesia juga cukup besar dan hampir setiap tempat sudah merata untuk pertandingan skateboard.

Event nasional untuk cabor skateboard juga sering digelar. Mungkin setiap bulan ada pertandingan,” ungkapnya.

Sandra ,mengatakan Kalau cabor sapatu roda, digelar di Bekasi, Jawa Barat (Jabar). “Hampir 1 (satu) atau 2 (dua) bulan ada pertandingan. Dua pekan lalu, saya baru pulang dari Aceh bersama Ketua Umum (Ketum) PB Porserosi Felix Wanggai meninjau ke Aceh, sudah siap untuk cabor sepatu roda dan skateboard untuk katagori streetnya dan katagori park, sedang proses penyelesaian,” ujarnya.

Sandra, mengharapkan Rakernas KONI 2024 menjadi ajang konsolidasi. “Kita bernaung di bawah KONI. Banyak hal-hal positif yang kita dapatkan termasuk kepengurusan agar masing-masing bisa fokus kepada olahraga, itu yang pertama. Kedua, Komisi Kode Etik yang segera kita usulkan termasuk perpindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara seperti apa ke depan, itu adalah hal yang positif. Terpenting adalah Rakernas KONI 2024 ini menjadi tempat konsolidasi untuk menguatkan sesama pengurus KONI di provinsi dan juga sesama PB dan Pengurus Pusat (PP) cabang olahraga” ujarnya

Harapan Sandra Sekjen Porserosi , KONI sebagai wadah besar di dalam negeri dan Komite Olimpiade Indonesia (KOI) untuk internasional, intinya menyatu menuju kepada perhelatan dunia yaitu Olimpiade. Tujuan kita adalah Olimpiade bukan di ASEAN Games maupun Sea Games tapi di Olimpiade.

Tujuan kami skateboard bisa masuk ke Olimpiade. Untuk semua cabor juga,” ungkapnya.

PB Porserosi yang hadir pada acara ini adalah Sekjen, dan Wakil Sekjen II, dan Ketum. “Felix Wanggai sebagai Ketum PB Porserosi yang juga Deputi III Kantor Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) dan Penanggung Jawab Jabatan (PJ) Gubernur Papua Pegunungan,” ujarnya.

Lebih lanjut Sandra mengatakan , Bali adalah salah satu pulau yang paling banyak lapangan skateboard di dunia dan lebih dari 30 lapangan. “Jadi di Bali itu, orang tidak lagi bawa papan surfing (selancar) tapi bawa skateboard karena kalau papan surfing bisa disewa di laut atau di pinggir pantai tapi kalau papan skateboard punya pribadi. Artinya, harus private (privasi) dipakai, sehingga Bali insya Allah menjadi rumah skateboard Indonesia dan seluruh Indonesia. Kemungkinan akan ada pusat pelatihan skateboard terbesar di dunia yang akan dibangun oleh International Federation of Skateboard dan Sepatu Roda yang akan dibangun di Bali. Lagi dicari tempatnya. Kemarin saya baru balik dari Italia menghadiri acara untuk kualifikasi Olimpiade dan salah satu World Skate sedang mencari lahan di Bali untuk dijadikan skateboard dan surfing (selancar) dunia dan insya Allah akan ada di Bali,” tuturnya .

“Untuk sekolah skateboard akan ada di Bali. Di Jakarta banyak sekolah untuk skateboard dan sepatu roda dan sebagai informasi, di ASEAN itu hanya di Indonesia untuk lapangan sepatu roda yakni di Papua, DKI Jakarta dan rencana akan dibangun di Aceh. Jadi akan ada 3 tempat di ASEAN. Di ASEAN hanya ada 2 lapangan internasional yakni di Jakarta dan Papua yang dipakai untuk event PON kemarin. Insya Allah di PON 2024 Aceh nanti lagi proses penyelesaian, mungkin untuk outdoor di ASEAN setelah India dan Korea,” tambah Sandra Erawanto kepada Poskota- Nasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *