Datuk Suhaili Mudo: Sosialisasikan Peraturan Hukum Adat Keseluruh Indonesia

Bagikan

Jakarta,Poskota-Nasional

Ketua Umum DPP Lembaga Tinggi Masyarakat Adat Republik Indonesia (Lemtari ) Suhaili Datuk Mudo mengatakan ingin mensosialisasikan peraturan hukum adat ( Perdat ) seluruh Indonesia karena dengan melaksanakan peraturan hukum adat kita akan akan terhindar generasi muda dari budaya barat yang negatif ,apalagi generasi muda milineal Z sangat banyak sekali di Indonesia sangat rawan dari budaya barat masuk di Indonesia ,demikian kata Datuk Suhaili kepada Poskota- Nasional saat ditemui coffe morning diwilayah Slipi Plaza  Jakarta Barat.9/7/2024.

Dikatakan Suhaili, Minangkabau mempunyai adat-istiadat yang kuat. Adatnya sangat memuliakan kaum perempuan. Perempuan Minang tidak boleh sembarangan tampil di depan umum tanpa menutup aurat. Filosofi adat orang Minang adalah “Adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah” (Adat bersendi syariah (agama Islam), syariah bersendi Al Quran dan Hadis)

Jadi kalau dari Minangkabau harus tampil dengan pakaian yang sesuai dengan adat Minangkabau. Begitu juga wakil dari NTT dan daerah lain. Sesuaikan dengan ketentuan adatnya masing-masing,” tambah Suhaili.

Suhaili menekankan LEMTARI akan terus memperjuangkan agar adat istiadat nusantara ini kembali dipakai oleh kaumnya masing -masing ,tambah Datuk Suhaili kepada Poskota- Nasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *