FKG Usakti Melaksanakan Pengabdian Kesehatan Masyarakat Sebagai Tri Dharma Perguruan Tinggi

Bagikan

 

Jakarta,Poskota-Nasional

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti secara berkala melaksanakan Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) sebagai salah satu bentuk pelaksanaan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Kegiatan PkM dilakukan baik dalam Offline, Online Zoom meeting diikuti 77 peserta dalam lingkup wilayah FKG Usakti maupun di luar wilayah FKG Usakti, acara ini secara rutin oleh unit Usakti setiap 6 bulan sekali , jadi kebetulan saya setelah dua tahun ini kembali lagi menjadi ketua , terus kemudian ini merupakan mitra baru dengan KB TK Santa Maria jadi, kebetulan anak saya juga sekolah disana ,ujar Drg Rosita Stefani,M.M,Sp.KG saat ditemui dirumah kawasan merpati Wijaya kusuma,Jakarta Barat sabtu 6/5/23.

Lebih lanjut Drg Rosita ,mengatakan pada hari Sabtu tanggal 6 Mei 2023, telah dilakukan kegiatan PkM yang berupa Pendidikan dan Pemberdayaan Guru dan Orang Tua KB-TK Santa Maria Juanda dalam Pemanfaatan Tanaman Jahe untuk Meningkatkan Kesehatan Keluarga.

Drg Rosita ,mengatakan Tujuan utama PkM ini adalah untuk edukasi ke masyarakat, targetnya adalah supaya kesehatan gigi dan mulut secara keseluruhan semakin lebih baik ,kalau kita di Indonesia negara nya masih berkembang ,kesannya Kesehatan Gigi itu nomor dua dibandingkan secara umum tapi saya ingin kesehatan gigi dan mulut merupakan kesehatan yang penting karena gigi dan mulut tercermin dari kesehatan tubuh secara keseluruhan,

Drg Rosita berharap kalau masyarakat lebih memperhatikan kesehatan gigi secara keseluruhan,dengan edukasi baik tidak hanya dewasa tapi anak anak pun sudah diperhatikan sejak dini masalah kesehatan Gigi ,ujarnya.

Ketua kegiatan PkM ini adalah Drg. Rosita Stefani, M.M. Sp. KG dengan anggota antara lain:
Prof. drg. Rahmi Amtha, MDS, Sp.PM, Ph.D,didampingi
Dr drg Eko Fibryanto, Sp.KG(K),
drg. Andrian Nova Fitri, Sp.PM,
drg. Dewi Liliany Margaretta, M.Kes ,
drg. Wiena Widyastuti, Sp.KG(K) ,
drg. Miranti Anggorodhiyu Lokantari,
drg. Heidi Amanda Irma,
Sheila Annisa, S.KG ,
Gisela Ellenia Vanessa, S.KG
Vincentia Alice, S.KG dan
drg. Faustine Kartini
Dwi Wahyu Margono, S.Kom.

Drg Rosita Stefani ,M.M,Sp KG ,mengatakan Jahe banyak ditemukan di Indonesia karena merupakan tanaman tropis yang tumbuh baik pada iklim panas dan lembab.

Sejak dahulu kala, jahe sering digunakan sebagai penyedap makanan karena rasanya tidak terlalu pedas.

Jahe yang merupakan tanaman multiguna dapat digunakan untuk membuat obat, jamu, minyak wangi, dan diolah menjadi makanan. Kandungan zat aktif yang ada di dalam jahe juga dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal. Efek antimikroba dan anti jamur jahe membuatnya dapat mencegah karies dan kandidiasis oral, sehingga jahe memiliki efek untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Penyakit gigi dan mulut yang paling umum terjadi adalah karies gigi atau gigi berlubang.

Salah satu cara untuk mencegah pembentukan plak yaitu dengan menggunakan obat kumur. Obat kumur herbal dapat bekerja pada patogen oral, menghilangkan rasa sakit secara instan, dan mempunyai efek samping yang lebih sedikit dibandingkan dengan obat kumur kimia,ujarnya.

Jahe merupakan salah satu tanaman herbal yang dapat dijadikan bahan aktif obat kumur.

Drg Rosita,menambahkan Sekolah KB-TK Santa Maria Juanda mempunyai program tentang pengenalan tanaman herbal yang berbeda di setiap tahunnya.

Program ini diharapkan dapat berperan aktif dalam meningkatkan pengetahuan siswa-siswi sekolah KB-TK Santa Maria Juanda dalam memanfaatkan bahan alam untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,ujarnya.

Program tentang pengenalan tanaman herbal ini belum dilakukan secara optimal, sehingga sosialisasi mengenai fungsi tanaman jahe dengan bantuan teknologi serta media sosial yang diharapkan dapat meningkatan pengetahuan dan kesadaran akan pentingnya tanaman jahe dalam kehidupan sehari-hari,tuturnya

Lebih lanjut Drg Rosita Stefani,M.M Sp KG ,mengatakan Tujuannya adalah :
Pertama, Membantu meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai fungsi tanaman herbal jahe.
Tujuan Kedua adalah ,Membantu pemerintah dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan memanfaatkan tanaman herbal jahe yang memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari .
yang Ketiga tujuan nya adalah ,meningkatkan kepekaan dan kepedulian sosial segenap civitas akademika FKG Usakti terhadap pengetahuan masyarakat mengenai tanaman herbal yang dapat meningkatkan kesehatan masyarakat, tambah Drg Rosita Stefani,M.M.Sp.KG kepada Poskota- Nasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *