Wirawan Hartawan : Dulu Produser Musik Sekarang Jadi Pengusaha Sayur

Bagikan

Jakarta,Poskota-Nasional.

Menjadi Petani sayur kemudian menjadi Pengusaha Hydro farm dan sekarang menggeluti makanan sehat ,supaya masyarakat Indonesia bisa lebih sehat ,Ia adalah Wirawan Hartawan setelah ia divonis tak bisa sembuh dari penyumbatan otak di sebelah kirinya. Hal ini karena sudah banyak dokter yang ia datangi, namun tak ada yang bisa membantunya menuju kesembuhan.
Wirawan sebelumnya adalah produser musik terkenal di Indonesia ,tuturnya,saat ditemui di booth Hydro Farm bersama istrinya Lisna Gozali di Pameran Agrofood Halo B1 di Jiexpo Kemayoran,10/8/20023.

Dengan memakan Sayur-sayuran setiap hari menjadi penolong Wirawan di kala sakit. Ia mengonsumsi sayuran setiap hari dan kondisi tubuhnya berangsur membaik dan pulih kembali,ujarnya.

Penyakitnya bisa dibilang oleh-oleh saat dia masih bekerja di industri musik yakni di yang tak kenal waktu dan pola makan yang buruk,tuturnya.

Akhirnya saya belajar eh ternyata kalau sayur tanam yang engga sehat pun malah ,jadi kita juga mereka sehat harus belajar tanam sehat- sehat, Saya juga sempat belajar tanam dengan mempelajari ilmu paket tehnologi bertani di berbagai negara seperti Belanda, Prancis, Amerika Serikat (AS), Israel, Jepang, Taiwan, China, Malaysia, Bangkok sampai Turki,ujarnya.

Anak pertama dari 3 bersaudara ini menceritakan, perubahan yang terjadi dalam hidupnya sangat cepat dengan makan-makanan sehat tersebut.

“Dari situ saya merasa Tuhan sudah baik, saya janji dan bilang Tuhan, tadinya saya sudah mau mati dan tidak ada obat tapi sekarang saya semakin sehat makanya saya masuk pertanian dan mengajari orang-orang gaya hidup sehat,” jelas dia.

Wirawan menyebutkan hal yang dia pelajari adalah jika hidup sehat adalah menyeimbangkan kerja organ inti agar bisa berjalan sempurna,imbuhnya.

Sekarang bisnis saya adalah sayuran kebunnya ada di Bogor Jawa Barat luasnya ratusan hektar di kebu pertanian ,makan sehat adalah nomor satu,” imbuh dia.

Dia mulai mendirikan greenhouse untuk menjadi laboratorium eksperimen bercocok tanam menggunakan hidroponik. Ini yang merupakan awal usaha Hydrofarm.

Selama 5 tahun dia bersama anak-anaknya membangun smart system untuk hydroponik. “Saya belum jualan, saya masih eksperimen dulu,” ujarnya.

Wirawan menyebutkan dirinya juga mempelajari teknik-teknik pertanian di beberapa wilayah di Indonesia. Menurut dia saat itu teknologi pertaniannya masih sangat tradisional dan ketinggalan berpuluh-puluh tahun.

Sekarang dia berupaya mengajak para petani untuk memajukan sektor pertanian agar bisa menghasilkan kualitas yang bagus. Menurut dia pertanian di Indonesia masih perlu sama-sama dibangun.
Hydrofarm sendiri berasal dari Hydro yang berarti air dan Farm pertanian. Di sini dia berkomitmen menciptakan kesadaran hidup sehat melalui pertanian hidroponik yang tepat,tuturnya

Kemudian wirawan,mengatakan keahlian dan teknologi tinggi digabungkan untuk memberikan kualitas terbaik dalam sistem dan produksi hidroponik. Hydrofarm Indonesia saat ini memasok produk pertanian dan perkebunan hidroponik terbesar di Indonesia. Selain itu Hydrofarm juga menyediakan berbagai kebutuhan hidroponik baik skala kecil maupun besar.

Saat ini Hydrofarm Indonesia memiliki anak perusahaan yang bergerak di dalam dunia kesehatan dan produk organik seperti Eat Me Brand dan Suka yang pemasarannya melalui sosial media melalui Instagram @eatmebrand.id, @hydrofarmindonesia dan @sukaorganic. Selain itu juga ada website hydrofarm.co.id,demikian kata wirawan Hartawan kepada Poskota- Nasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *